14 October, 2013

Lebih aman mana Android atau iOS?


kenapa beberapa analisis mengatakan hal berbeda?
Lebih aman mana Android atau iOS?
Dalam sebuah sebuah wawancara, seorang analis dari Gartner bernama David Willis melontarkan sebuah pernyataan ke Schmidt yang mengutip dari tanggapan pada audiens bahwa Android tidak aman.
Tentu saja sebagai salah seorang yang berdiri di bawah bendera Google sang pembesut Android, dikutip dari The Verge (07/10), Schmidt justru mengatakan bahwa sisi keamanan di Android lebih tinggi dibandingkan dengan iPhone (iOS).

Akan tetapi, menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Sophos, Android merupakan platform favorit para pencipta malware. Dibandingkan dengan iOS, Android lebih sering digunakan sebagai tempat untuk menyebar virus.

Dari hasil penelitian Sophos tersebut mengungkapkan bahwa secara global pertumbuhan malware untuk Android meningkat pesat dari tahun 2010 sampai 2011. Di tahun 2012, jumlah pertumbuhan malware untuk Android sedikit menurun.

Sebuah tulisan di komunitas Hewlett Packard (HP) juga mengungkapkan bahwa iOS lebih aman dibandingkan dengan Android. Ada dua alasan kenapa menyebut mobile OS besutan Apple tersebut lebih aman dari operating system mobile milik Google itu.

Pertama adalah masalah market share. Dengan menduduki peringkat pertama dan terbanyak dalam persentase market share untuk sisi mobile OS, maka tidak heran kenapa Android lebih banyak diserang oleh para pembuat malware.

Kedua ada masalah open dan closed platform-nya. Apabila Google mempersilakan siapa saja dapat untuk membuat aplikasi untuk Android dan memasukkannya di Google Play, sedangkan Apple lebih bersifat eksklusif dan junjung sisi kualitas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa celah inilah yang digunakan oleh para cybercriminal untuk menyebarkan malware ciptaannya.

Hasil yang sama juga pernah dituliskan oleh Zdnet pada tanggal 19 Agustus lalu dan penelitian oleh Juniper Network (2011). Penelitian dan tulisan hasil analisis di atas tentunya tidak dilakukan secara serampangan atau main-main.

Apabila coba dibenturkan antara pendapat Schmidt dengan hasil penelitian di atas, kira-kira benarkah Android lebih aman dari iOS?

Lebih aman mana Android atau iOS? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown